Rabu, 22 November 2017         PDII LIPI       LIPI       Halaman Depan »

» ISSN ONLINE kontak kami »

Informasi mengenai ISSN dan prosedur terkait :


  • Prosedur pengajuan ISSN

      Terhitung sejak tanggal 1 April 2008, seluruh proses pengajuan dan penerbitan ISSN dilakukan secara online melalui sarana ini.

      • Melengkapi formulir permohonan online di halaman Formulir permohonan ISSN baru.
        Segera setelah melakukan permohonan, catat nomor ID serta kata-sandi yang diberikan melalui email yang tercatat di formulir pendaftaran dan simpan dengan baik. Ini diperlukan untuk kembali masuk guna mengunggah seluruh dokumen sampai konfirmasi penerbitan kodebar dijital.
      • Mengunggah seluruh data elektronik yang dipersyaratkan untuk pengajuan ISSN melalui sarana yang tersedia.
        Pemohon tidak perlu mengirimkan dokumen-dokumen fisik, tetapi diwajibkan mengunggah seluruh dokumen tersebut di tempat yang tersedia di halaman formulir (setelah masuk).
      • Setelah berkas lengkap dan diunggah (Surat, Cover, Daftar isi, Susunan Dewan Redaksi), silahkan tunggu hingga berkas di VERIFIKASI oleh Petugas. Segera melunasi pembayaran biaya administrasi sebesar Rp. 200.000, apabila permohonan telah di Verifikasi,- (PP No. 106 Tahun 2012).
        langsung ke rekening :

          a/n BPN 088 Pusat DII - LIPI
          No. 070-0000089198
          Bank Mandiri Cabang Graha Citra Caraka
          Kantor Telkom Pusat, Jl. Gatot Subroto, Jakarta

      • Setelah seluruh data elektronik yang dipersyaratkan untuk pengajuan ISSN diunggahkan, pengelola harus melakukan konfirmasi melalui telp. 021 5733465 ext 3507/3508/3509 dan menginformasikannya melalui kotak pesan (arsip komunikasi) yang tersedia.
      • Nomor dan kodebar ISSN bisa diketahui dan diunduh langsung dari halaman status pemohon setelah seluruh proses selesai dan disetujui.
        Perubahan kodebar akibat variasi terbitan (nomor terbitan, perubahan harga, dsb) bisa dilakukan sendiri oleh pemohon dengan mengganti 2 angka terakhir sesuai dengan aturan ISSN.

  • Persyaratan pengajuan ISSN

    • Pengajuan untuk terbitan regular (terbitan dalam format cetak) maupun elektronik (terbitan elektronik).
      Kategori terbitan berkala adalah majalah, surat kabar, buletin, buku tahunan, laporan tahunan, jurnal maupun prosiding aneka pertemuan ilmiah.
    • Terbitan memenuhi syarat kelengkapan minimum :
      • Surat permohonan tertulis secara resmi dari penanggung jawab terbitan berkala suatu lembaga/organisasi berbadan hukum (berkop surat dan stempel lembaga/organisasi dan bukan surat dari pimpinan redaksi). Surat permohonan ditujukan kepada Kepala PDII-LIPI.
      • Halaman sampul depan terbitan berkala lengkap dengan judul (termasuk anak judul) terbitan, penulisan volume, nomor, dan tahun terbit, serta nama organisasi/lembaga penerbit.
      • Halaman daftar isi.
      • Halaman daftar Dewan Redaksi.
    • Biaya administrasi pengurusan nomor ISSN.
    • Seluruh dokumen disiapkan dalam bentuk data elektronik dengan format PDF. Untuk media elektronik bisa digantikan dengan tampilan situs yang memuat informasi terkait.
    • Setiap nomor ISSN hanya diperuntukkan bagi 1 (satu) judul terbitan pada satu media. Nomor ISSN yang sama terus berlaku selama judul dan atau anak judul terbitan serta medianya tidak berubah.
      Terbitan yang diterbitkan pada beberapa media berbeda (misal : cetak dan elektronik) wajib mengajukan ISSN untuk setiap media.

  • Kodebar untuk ISSN yang diajukan melalui ISSN Online

      ISSN Online tidak hanya berfungsi sebagai media untuk pengajuan dan penerbitan nomor ISSN, tetapi juga sekaligus membantu pemohon ISSN untuk membuat kodebar sesuai nomor ISSN yang dimiliki. Sistem ini memberikan keleluasaan dan dapat mengakomodasi setiap perubahan kodebar akibat variasi terbitan. Hal ini dimaksudkan agar pemohon ISSN setiap saat bisa membuat kodebar untuk terbitan yang sama, namun memiliki ciri yang berbeda, misalnya : harga, edisi khusus, dsb. Yang lebih penting, pemohon tidak perlu memiliki atau membeli perangkat lunak apapun untuk membuat kodebar ini.

      Kodebar untuk ISSN mengacu pada standar EAN-13 yang merupakan kombinasi 13 karakter (0-9, X). ISSN sendiri hanya terdiri dari 8 karakter (0-9, X). Kodebar untuk ISSN ditentukan dengan cara :

      • 3 angka pertama : 977 yang khusus diperuntukkan sebagai identifikasi nomor ISSN.
      • 7 angka pertama dari nomor ISSN.
      • 2 angka tambahan yang bebas ditentukan oleh pemilik ISSN untuk membedakan terbitan berkalanya. Umumnya dimulai dari kombinasi 00 s/d 99.
      • 1 karakter (0-9, X) sebagai karakter-cek EAN-13 yang dihitung secara otomatis berbasis modulo 11.
      Di ISSN Online, pada awal persetujuan 2 angka tambahan diberikan angka standar 00 yang merepresentasikan edisi awal.

      Cara menghitung karakter-cek dengan modulo 11 :

      1. Buat deret yang terdiri dari 7 angka pertama ISSN ditambah 2 angka tambahan.
      2. Kalikan setiap angka dengan 2, 3, ..., 10 dimulai dari angka terakhir.
      3. Jumlahkan seluruh hasil perkalian tersebut.
      4. Bagi hasil perkalian tersebut dengan 11.
      5. Sisa yang tidak terbagi menjadi karakter-cek EAN-13. Bila sisa tersebut sama dengan 10, diganti dengan huruf X.

      Berikut ini adalah contoh untuk kasus dengan nomor ISSN : 1234-5679 dengan 2 angka tambahan 00.
      1 2 3 4 5 6 7 0 0
      x x x x x x x x x
      10 9 8 7 6 5 4 3< persen2

Dikelola oleh PDII dan TGJ LIPI Hak Cipta © 2007-2017 LIPI